Jendela Informasi Wanita >> Hemat dan Mudah! Membuat Sendiri Minyak Pelembab Wajah

Hemat dan Mudah! Membuat Sendiri Minyak Pelembab Wajah

wajah cantik
Wajah cantik

Artikel ini berisi langkah-langkah untuk membuat minyak pelembab wajah Anda sendiri menggunakan 3 bahan alami.

Pertama-tama, jangan menggunakan minyak pelembab pada wajah yang kotor. Selalu bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan minyak pelembab pada wajah yang kotor maka minyak tersebut akan memerangkap kotoran yang akan menimbulkan masalah pada wajah Anda.

Bahan pertama – minyak dasar/pembawa

Untuk memulai, Anda dapat membeli minyak dasar dan mengujinya pada wajah Anda. Lihat apakah kulit Anda cocok dengan minyak yang Anda pilih. Anda hanya perlu memilih satu jenis minyak untuk minyak dasar. Minyak dasar ini akan menjadi bahan utama campuran minyak wajah Anda, jadi pilihlah baik-baik.

Dua minyak dasar yang dapat dipilih ialah minyak argan dan/atau minyak jojoba, karena efek kedua minyak ini sangat bagus dan menyegarkan, keduanya sangat ringan dan dapat meresap ke kulit Anda tanpa meninggalkan kesan berminyak, dan sangat cocok untuk semua jenis kulit.

minyak argan
Minyak argan
minyak jojoba
Minyak jojoba

Beberapa minyak dasar lain yang dapat Anda pilih dapat Anda temukan di tautan sumber artikel di bawah.

Takar minyak dasar Anda paling tidak 2/3 campuran minyak wajah Anda (kita akan membahas mengenai campurannya di akhir artikel).

Bahan kedua – minyak tambahan ekstra nutrisi

Ini adalah minyak yang agak mahal, tetapi sangat mujarab untuk kulit yang bermasalah.

Jika Anda tidak ingin menggunakan minyak nutrisi, tidak apa-apa. Mungkin di masa yang akan datang Anda ingin menambahkannya. Inilah beberapa ide untuk minyak yang memberikan “bonus” nutrisi (lebih banyak pilihan minyak nutrisi pada tautan sumber artikel di bawah):

  • Minyak tamanu (sangat bagus untuk kulit yang rentan jerawat atau berminyak, atau bekas luka)
  • Minyak biji wortel (Anda hanya memerlukan minyak ini sedikit saja, tetapi sangat manjur untuk semua jenis kulit)
  • Minyak mimba (sangat bersifat anti mikroba dan menyembuhkan, minyak nimba merupakan pilihan utama untuk kulit yang berjerawat dan berminyak)
  • Minyak emu oil (sangat lunak, minyak emu bersifat melindungi dan menutrisi kulit yang kering atau menua)

Sekarang, Anda dapat juga menambahkan sedikit “rasa” dengan minyak esensial!

Bahan ketiga – tambahkan minyak esensial kesukaan kulit Anda

Ingat! Anda hanya memerlukan beberapa tetes kecil untuk memperoleh manfaatnya yang menakjubkan bagi kulit Anda. Minyak esensial sangat ampuh dan akan tahan sangat lama jika Anda menggunakannya dengan cara ini!

Minyak esensial

Ada begitu banyak minyak esensial yang bermanfaat bagi kulit yang dapat dituliskan, inilah beberapa yang mudah didapatkan dan dikenal secara umum.

  • Lavender (kulit berjerawat, berminyak, atau bahkan kering – lavender memiliki efek menyembuhkan, tetapi sedikit)
  • Pepermin (seperti halnya lavender, pepermin juga bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat, dan seperti lavender, jangan digunakan banyak-banyak! Bersifat sangat mengencangkan, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi sangat gatal)
  • Chamomile (terutama chamomile roma yang bersifat sangat menyembuhkan dan menyejukkan, sehingga cocok untuk SEMUA jenis kulit. Sangat bagus, tetapi juga sangat mahal)
  • Mawar (bagus untuk kulit yang menua, kering dan  normal, juga agak mahal, kecuali Anda menemukan yang “dicampur dengan jojoba”, yang lebih encer dan Anda akan perlu menambahkannya lebih banyak dalam campuran Anda jika dibandingkan dengan yang “murni”)
  • Geranium mawar (minyak esensial lain yang sangat bagus, menyembuhkan dan cocok untuk semua – terutama untuk kulit kering, sensitif, menua dan normal)
  • Palmarosa (sangat bagus untuk jenis kulit apa pun, bekerja dengan baik pada jerawat, selain itu juga melembutkan dan menghaluskan kulit yang menua)
  • Serai (mencerahkan dan menyegarkan, minyak yang sangat bagus untuk kulit normal, berminyak atau berjerawat)
  • Rosemary (kulit berjerawat dan berminyak? Mungkin Anda perlu yang ini)

Lalu sekarang cara mencampurkannya.

Minyak Wajah Buatan Anda Sendiri

Anggap saja Anda menggunakan botol seukuran 30 ml (untuk keperluan minyak esensial), tetapi jika botol Anda lebih kecil, pastikan Anda menyesuaikan tambahan-tambahan minyak esensialnya.

  1. Isilah botol kecil Anda di bawah 2/3 botol penuh dengan minyak dasar
  2. Tambahkan minyak nutrisi Anda sampai botolnya hampir penuh (jika Anda menggunakan minyak biji wortel, masukkan beberapa tetes saja)
  3. Tambahkan HANYA 4-7 tetes minyak esensial. Kurangi jika Anda menggunakan pepermin. Tutup dan kocok setelah tiap tetesandan Anda dapat mengira-ngira secara kasar, berapa banyak minyak esensial yang Anda butuhkan. Anda akan dapat mencium aromanya, tetapi jangan sampai terlalu tajam. Tercium ringan saja cukup.

Selesai!

Jaga agar minyak wajah Anda terhindar dari sinar matahari, dan minyak tersebut akan bertahan selama 8-12 bulan.

sumber: Homemade 3-Ingredient Facial Oil Moisturizer – CruchyBetty.com

sumber gambar: tommerton2010, Peggy und Marco Lachmann-Anke, Tools of Men, Jill Wellington

Summary
Minyak Pelembab Wajah Buatan Sendiri
Article Name
Minyak Pelembab Wajah Buatan Sendiri
Description
Artikel ini berisi langkah-langkah untuk membuat minyak pelembab wajah Anda sendiri menggunakan 3 bahan alami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *