Jendela Informasi Wanita >> Sering Sakit Gigi? Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

Sering Sakit Gigi? Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

periksa gigi

Siapa diantara kita yang belum pernah merasakan sakit gigi? Tentunya, sebagian besar kita pernah merasakan sakit gigi dalam tingkat yang berbeda-beda. Ada yang merasakan sakit gigi pada tingkatan yang ringan, tetapi sebagian besar yang lain merasakan sakit gigi sebagai keluhan yang sangat menyakitkan dan menyiksa. Sebagian merasakan sakit gigi hanya dalam waktu yang relatf singkat dan rasa sakitnya datang dan pergi, tetapi yang lain merasakan dampaknya untuk jangka waktu yang relatif lama. Kadang-kadang seseorang akan merasakan sakit gigi yang dideritanya bertambah parah hanya dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu seperti makanan atau minuman panas, dingin, asam atau pedas. Sakit gigi juga dapat menjadi parah pada malam hari terutama ketika berbaring.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang menjadi langganan sakit gigi dan mengalami satu atau beberapa gejala seperti di atas, ada baiknya Anda membaca informasi di bawah ini untuk mengetahui berbagai penyebab dan cara mengatasi sakit gigi yang paling tepat dan efektif. Semoga cara-cara di bawah ini dapat membantu Anda menhilangkan atau paling tidak meredakan keluhan yang selama ini Anda rasakan.

Apa Itu Sakit Gigi?

Sakit gigi adalah sebuah kondisi dimana si penderita merasakan sakit atau ngilu di sekitar gigi dan gusi karena berbagai sebab misalnya gigi rusak, gigi patah, gusi berdarah dan bernanah, pembengkakan dan infeksi pada gusi, kerusakan pada tambalan gigi dan lain sebagainya.

Seseorang yang mengalami sakit gigi akan merasakan satu atau lebih dari gejala-gejala umum sakit gigi seperti di bawah ini:

  • Rasa sakit ketika mengunyah makanan
  • Rasa ngilu ketika mengkonsumsi makanan atau minuman panas dan dingin
  • Berdarah atau bahkan bernanah (mengeluarkan cairan) di sekitar gigi atau gusi
  • Bengkak pada gusi tempat gigi tumbuh atau leher dan pipi membengkak
  • Terdapat luka atau bekas luka di daerah sekitar gigi dan gusi
  • Terjadi pembusukan atau kerusakan pada gigi dan masalah pada gusi. Umumnya, gigi yang rusak akan menyebabkan gusi tempat gigi tersebut tumbuh menjadi kemerahan dan merupakan sumber rasa sakit, terutama jika daerah yang terinfeksi tersebut ditekan.
  • Demam dan sakit kepala
  • Mengecap rasa busuk di sekitar gigi yang terinfeksi atau rusak

Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Gigi?

Seperti telah disinggung secara sekilas di atas, penyebab sakit gigi sangat beragam. Oleh karena itu, cara mengatasi sakit gigi juga bervariasi, tergantung dari penyebabnya. Mari kita perhatikan beberapa penyebab sakit gigi yang perlu untuk kita ketahui dan pelajari.

Pada dasarnya, sakit gigi terjadi ketika terjadi peradangan pada lapisan terdalam dari gigi atau yang biasa disebut dengan ‘dental pulp”. Lapisan ini sendiri terdiri dari banyak pembuluh darah dan syaraf-syaraf yang sangat peka.

Penyebab dari peradangan yang terjadi pada lapisan terdalam gigi antara lain, adalah:

  • Kerusakan pada gigi. Kerusakan pada gigi akan memicu terbentuknya lubang atau rongga pada permukaan gigi yang keras.
  • Retak Pada Gigi. Jika terjadi keretakan pada gigi, biasanya sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata
  • Tambalan gigi menjadi longgar atau rusak
  • Terjadi penyusutan / kerutan pada Gusi. Gusi yang mengkerut atau menyusut menyebabkan terbukanya akar gigi yang merupakan bagian dari gigi yang sangat peka dan lembut.
  • Penyakit periapical absess. Penyakit ini terjadi ketika terdapat nanah pada akar gigi sebagai akibat dari adanya infeksi oleh bakteri.
  • Penumpukan sisa makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang lambat laun menyebabkan terjadinya infeksi, terutama jika gigi seseorang posisinya renggang sehingga terdapat celah antar gigi.

Berikut beberapa keadaan yang dapat menyebabkan si penderita mengalami gejala dan rasa sakit seperti ketika ia mengalami sakit gigi walaupun tidak terdapat infeksi pada lapisan terdalam gigi:

  • Iritasi atau luka pada gusi
  • Gusi sakit atau bengkak akibat gigi tumbuh, misalya pada orang dewasa ketika geraham bungsu sedang tumbuh dan pada anak-anak secara umum ketika gigi mereka tumbuh.
  • Penyakit sinusitis yang seringkali menyebabkan rasa sakit pada rahang bagian atas
  • Cedera pada sendi yang menghubungkan rahang dengan tulang kepala (tengkorak)

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Jika Anda mengalami sakit gigi yang sangat mengganggu dan ingin mengobatinya sendiri di rumah, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Mengonsumsi obat pereda sakit yang banyak tersedia di apotek dan toko obat. Umumnya, obat pereda rasa sakit tersebut mengandung acetaminophen atau ibuprofen. Perhatikan untuk membaca keterangan mengenai dosis dan cara pemakaian dengan teliti sebelum Anda mengkonsumsinya. Segera hubungi atau mengunjungi dokter gigi Anda.
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman panas atau dingin (selain makanan dan minuman pedas dan asam) karena makanan dan minuman tersebut dapat memperburuk rasa sakit yang Anda alami.
  • Cara menghilangkan sakit gigi yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan mencelpkan kapas yang sudah dibentuk seperti bola ke dalam minyak cengkeih dan meletakannya langsung pada gigi atau gusi yang sakit.
  • Bersihkan mulut Anda dengan cara berkumur-kumur menggunakan air hangat.
  • Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel di sela-sela gigi.

Jika gejala sakit gigi yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau karena kondisi seperti di bawah ini, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter gigi Anda untuk penanganan lebih lanjut:

  • Sakit gigi yang Anda alami berlangsung lebih dari 2 hari
  • Sakit yang Anda rasakan sudah parah
  • Anda mengalami demam, sakit pada telinga, atau sakit ketika membuka mulut Anda lebar-lebar
  • Munculnya tanda dan gejala infeksi seperti pembengkakan, rasa sakit ketika menggigit makanan, gusi memerah atau mengeluarkan cairan berbau busuk
  • Mengalami kesulitan ketika bernapas atau menelan

Pastikan Anda segera ke dokter gigi jika Anda mengalami satu atau lebih kondisi di atas. Umumnya, dokter akan menanyakan tentang riwayat kesehatan gigi Anda serta melakukan pemeriksaan secara teliti. Pertanyaan-pertanyaan mengenai rasa sakit yang Anda alami, tepatnya kapan Anda mulai merasakan gejala tersebut, seberapa parah rasa sakit yang dirasakan, tempat rasa sakit berasal, apa saja yang membuat rasa sakit yang Anda alami bertambah buruk atau parah hingga hal-hal yang membuat rasa sakit tersebut reda akan ditanyakan oleh dokter Anda. Pemeriksaan yang harus Anda jalani antara lain pemeriksaan mulut, lidah, tenggorokan, hidung, telinga serta leher. Ada kemungkinan Anda akan diperiksa dengan X-ray untuk pemeriksaan lebih lanjut; semua tergantung kepada keluhan rasa sakit gigi yang Anda alami.

Berikut beberapa cara mengatasi sakit gigi berdasarkan penyebabnya yang kemungkinan akan Anda jalani:

  • Karena Gigi Rusak

Jika penyebab sakit gigi Anda adalah kerusakan pada gigi, maka dokter akan membuang bagian gigi yang rusak dan menambal gigi tersebut.

  • Akibat Tambalan Gigi Rusak

Jika ini yang menyebabkan rasa sakit yang Anda alami, maka dokter akan membuang tambalan yang rusak, membersihkan gigi yang rusak tersebut dan menambalnya dengan yang baru.

  • Akibat Infeksi pada Lapisan Terdalam Gigi (Pulp)

Jika penyebab sakit gigi Anda adalah lapisan terdalam gigi yang terdiri dari pembuluh darah dan syaraf-syaraf yang peka terinfeksi, maka kemungkinan besar dokter akan melakukan perawatan pada akar gigi. Dalam hal ini bagian yang terinfeksi akan dibuang kemudian dibuatkan semacam tambalan untuk menutup gigi dan bagian yang dibuang tadi sekaligus untuk mencegah gigi terkena infeksi lagi.

  • Pengobatan dengan sinar laser dapat juga dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang berhubungan dengan sakit gigi yang Anda alami.
  • Jika cara-cara di atas tidak dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan sakit gigi yang Anda alami, maka kemungkinan besar dokter akan mencabut gigi Anda.

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Kalimat di atas sangat benar dan berlaku untuk kesehatan tubuh kita secara umum, termasuk dalam hal ini kesehatan gigi dan mulut kita. Adalah lebih baik mencegah dan melakukan rutinitas kita untuk menghindari sakit gigi daripada mengobatinya. Namun, bagaimana jika Anda sudah terlanjur mengalaminya dan sudah mendapat penanganan dari dokter?

Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Setelah mendapat perawatan dari dokter, tetap lakukan perawatan gigi yang baik seperti menggosok gigi minimal 2x sehari, menggunakan benag gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi serta menggunakan obat kumur (mouthwash) jika perlu. Hindari terlalu sering menggunakan mouthwash yang banyak dijumpai di pasaran karena ada kemungkinan dapat memperparah atau membuat sakit yang Anda derita menjadi lebih lama.
  2. Membuat janji kunjungan ke dokter gigi Anda secara rutin karena dapat mempercepat penyembuhan Anda.
  3. Konsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter sesuai dengan dosis dan tata cara yang benar. Segera hubungai dokter jika timbul gejala susulan.
  4. Hindari atau jika mungkin berhenti merokok.

Nah, bagi Agar yang ingin terhindar dari sakit gigi, cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjaga gigi dan gusi Anda sesehat mungkin. Langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara maksimal antara lain:

  1. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis. Usahakan agar Anda hanya mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut pada jamuan tertent saja dan selama jam makan Anda (sarapan, makan siang dan makan malam) saja.
  2. Sikat gigi minimal 2x sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan xylitol. Fluoride terbukti efektif untuk mencegah kerusakan gigi terutama pada anak-anak, sedngakan xylitol sendiri berfungsi untuk menetralisasi bakteri yang ada di mulut, gigi dan gusi. Usahakan untuk tidak hanya menyikat gigi saja, tetapi gusi dan lidah juga sebaiknya disikat secara lembut karena hal ini dapat membuat gusi menjadi sehat.
  3. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi agar gusi menjadi sehat. Jika perlu, Anda dapat menggunakan obat kumur (mouthwash)
  4. Jika perlu, gunakan pasta gigi atau gel yang langsung dioleskan pada gigi yang dapat membantu melawan asam dari bakteria sekaligus memperbaiki kandungan mineral pada gigi yang rusak yang disebabkan oleh bakteri.
  5. Kunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk mendapatkan perawatan kesehatan gigi dan mulut secara optimal. Umumnya, dokter akan membersihkan gigi pasien secara menyeluruh sehingga dapat mencegah gigi rusak maupun masalah pada gusi.
  6. Gunakan perangkat pelindung gigi atau pelindung kepala ketika berolahraga untuk menghindari cedera.
  7. Usahakan untuk tidak merokok karena kandungan nikotin pada tembakau dapat memperburuk kondisi kesehatan gigi Anda.

Semoga informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit gigi di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Summary
Mencegah dan MEngobati Sakit Gigi
Article Name
Mencegah dan MEngobati Sakit Gigi
Description
Jika Anda sering mengalami sakit gigi dan mengalami satu atau beberapa gejala ini, ada baiknya Anda membaca informasi di bawah ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi sakit gigi yang paling tepat dan efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *