Jendela Informasi Wanita >> Segudang Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil. Apa Saja?

Segudang Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil. Apa Saja?

kurma

Banyak hal yang harus dipersiapkan saat akan menyabut datangnya si buah hati, mulai dari mempersiapkan segala perlengkapan hingga persiapan fisik pun harus direncanakan dengan baik. Ibu hamil mempunyai kondisi tubuh yang sangat berbeda dari wanita biasanya. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah asupan gizi untuk ibu hamil supaya bayi lahir sehat dan sang ibu dapat melewati proses persalinan dengan lancar. Asupan gizi yang cukup untuk ibu hamil tidak hanya dengan mengonsumsi susu formula, namun juga harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah – buahan, salah satu buah yang memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil adalah kurma

Jika Anda rajin mengkonsumsi buah kurma selama masa kehamilan, Anda pasti akan senang mengetahui buah manis ini memberikan banyak nutrisi yang mendukung pertumbuhan si buah hati serta memiliki banyak kandungan yang meningkatkan kondisi kesehatan Anda sendiri. Buah kurma dipercaya memiliki segudang manfaat termasuk bagi ibu hamil. Manfaat buah kurma bagi wanita hamil salah satunya membantu mencegah komplikasi kehamilan yang umum terjadi, seperti anemia dan sembelit, serta berperan penting dalam diet kehamilan bergizi Anda.

Buah Kurma

Kurma merupakan buah manis yang tumbuh pada pohon kurma (Phoenix dactylifera) yang berasal dari daerah sekitar Teluk Persia. Kurma telah dikembangkan selama lebih dari 6.000 tahun, menjadikannya salah satu buah tertua yang pernah dibudidayakan. Ada ratusan varietas kurma yang tersebar di seluruh dunia, puluhan diantaranya dijual di Indonesia. Kurma basah memiliki kadar air yang tinggi serta rasanya yang sangat manis, sementara kurma setengah kering memiliki tekstur yang kenyal dan lembut namun rasanya tidak terlalu manis. Buah kurma yang benar-benar kering biasanya tidak dimakan langsung tapi digunakan dalam banyak resep olahan makanan yang berbeda. Buah kurma merupakan salah satu dari 10 makanan terbaik yang harus Anda cicipi.

Nutrisi Yang Terkandung Pada Buah Kurma

Alasan kenapa buah ini memiliki begitu banyak manfaat khususnya bagi wanita hamil ialah karena kandungan nutrisinya yang cukup banyak jika dibandingkan dengan ukurannya yang mungil. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Walid Al-Shahib dan Richard J. Marshall pada bulan Juli 2009 yang telah diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, buah kurma mengandung persentase karbohidrat yang tinggi (total gula 44 – 88%), lemak (0,2 – 0,5%), mengandung 15 jenis mineral, protein (2,3 – 5,6% ), 6 jenis vitamin serta kandungan serat makanan yang melimpah (6,4 – 11,5%).

·         Mineral

Setidaknya ada 15 mineral yang terkadung dalam buah kurma. Persentase masing-masing mineral dalam kurma kering bervariasi antara 0,1 – 916 mg per 100 gram kurma tergantung pada jenis mineralnya. Dalam banyak varietas, kurma mengandung konsentrasi kalium yang tinggi sebesar 0,9%. Mineral lainnya yang ditemukan dalam buah kurma diantaranya boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluor, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, natrium serta zinc. Selenium yang diyakini dapat membantu mencegah kanker dan penting dalam fungsi kekebalan tubuh juga ditemukan dalam buah kurma.

·         Protein

Protein yang terkadung dalam buah kurma terdiri dari 23 jenis asam amino yang beberapa di antaranya tidak ditemukan dalam buah-buahan populer sekalipun seperti jeruk, apel maupun pisang.

·         Vitamin

Buah kurma mengandung setidaknya enam vitamin termasuk sejumlah kecil vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (asam nikotinat) serta vitamin A.

·         Serat Makanan

Kandungan serat makanan pada kurma cukup tinggi yaitu antara 6,4 – 11,5% tergantung pada varietas dan tingkat kematangannya. Kurma juga mengandung  0,5 – 3,9% pektin, yang memiliki manfaat kesehatan yang penting.

Produksi buah kurma telah meningkat 2,9 kali dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, sedangkan populasi dunia telah meningkat dua kali lipat. Total ekspor buah kurma dunia meningkat 1,71%. Karena kandungan nutrisinya yang banyak dan memberikan begitu banyak manfaat kesehatan, buah kurma dianggap sebagai makanan yang hampir ideal.

Manfaat Buah Kurma Pada Masa Kehamilan

Wanita hamil perlu mengkonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak per hari untuk mendapatkan berat yang diperlukan sehingga mendukung proses kehamilan. Daripada memilih makanan berkalori tinggi yang rendah nutrisi, lebih baik mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi begitu juga mengandung banyak nutrisi, buah kurma memiliki kriteria tersebut. Buah yang dalam bahasa Arab disebut tamr ini menyediakan banyak vitamin dan mineral bersama dengan kalori tinggi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain menyediakan kandungan vitamin dan mineral penting yang diperlukan selama kehamilan, buah kurma juga mengandung nutrisi khusus untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil seperti kalsium, folat dan zat besi.

Nutrisi Penting Ibu Hamil

Satu biji kurma medjool mengandung sekitar 66 kalori. Memakannya beberapa biji saja sudah lebih dari cukup untuk menambah kebutuhan kalori dalam tubuh Anda. Telah kita ketahui juga bahwa buah kurma mengandung kalium yang tinggi, mineral ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh khususnya pada ibu hamil yang volume darahnya meningkat selama masa kehamilan. Tidak hanya itu buah kurma juga mengandung kalsium yang membantu mendukung pertumbuhan tulang janin serta zat besi untuk mencegah anemia sehingga ibu hamil tidak mudah merasa lelah. Kurma juga mengandung niacin, folat, vitamin B kompleks, zinc, mangan dan magnesium. Setiap kandungan vitamin dan mineral tersebut memiliki peran yang penting dalam menjaga pertumbuhan janin maupun menjaga kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Serat Makanan Pada Kurma Mencegah Komplikasi Umum Kehamilan

Kandungan 6,4 – 11,5% serat pada buah kurma cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Mengkonsumsi banyak serat membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak asam empedu dan lemak bersama feses. Asupan serat yang rendah dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker usus besar, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan kesehatan lainnya.

Sayangnya banyak sekali ibu hamil mengabaikan diet serat selama masa kehamilannya, padahal menjaga asupan serat yang cukup dapat membantu mencegah komplikasi umum yang biasa menyertai kehamilan seperti sembelit dan wasir. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada bulan Agustus 2008 yang telah diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, diet tinggi serat pada trimester pertama kehamilan dapat mengurangi risiko pre-eklampsia menjelang persalinan. Pre-eklampsia sendiri merupakan sindrom yang dialami oleh ibu hamil yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin, serta pembengkakan pada bagian kaki.

Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa buah kurma memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil diantaranya mencegah anemia, mengontrol tekanan darah, mengatur kadar gula darah, membantu mengembalikan kalsium tubuh, mengeluarkan racun, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Efek Signifikan Buah Kurma Pada Proses Persalinan

kehamilan

Sebuah studi dari Universitas Sains dan Teknologi Yordania yang telah diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology (Al-Kuran dkk., 2011) menemukan efek yang signifikan pada wanita hamil yang mengkonsumsi buah kurma selama empat minggu sebelum proses persalinan. Peneliatian dilakukan pada 69 wanita hamil yang mengkonsumsi enam buah kurma per hari, dibandingkan dengan 45 wanita hamil yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal usia kehamilan, usia ibu hamil maupun paritas diantara kedua kelompok tersebut. Mereka mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan yaitu:

  1. Pembukaan serviks yang secara signifikan lebih besar pada ibu hamil yang mengkonsumsi buah kurma (rata-rata 3,52cm) dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma (rata-rata 2,02cm), diukur dari waktu mereka masuk rumah sakit. Tahap awal persalinan (fase laten) kemungkinan terjadi lebih cepat pada wanita hamil yang mengkonsumsi buah kurma.
  2. 83% ibu hamil yang mengkonsumsi buah kurma mendapati selaput ketuban mereka masih utuh dan hanya 28% dari mereka yang diberi pitocin untuk menginduksi persalinannya. Bandingkan dengan kelompok ibu hamil yang tidak mengkonsumsi buah kurma, hanya 60% dari mereka yang memiliki selaput ketuban yang masih utuh dan persentase tindakan induksi yang lebih besar yaitu sebanyak 43%. Kantung ketuban yang masih utuh pada proses persalinan akan mencegah risiko terjadinya infeksi baik pada bayi maupun pada ibu melahirkan. Bila selaput ketuban rusak lebih awal (hal ini dikenal dengan istilah ketuban pecah dini), maka risiko infeksi akan meningkat sehingga untuk mengurangi resiko tersebut biasanya tenaga medis akan melakukan prosedur induksi untuk mempercepat proses persalinan.
  3. Persalinan spontan (partus spontan) terjadi pada 96% wanita hamil yang secara teratur mengkonsumsi buah kurma dan hanya 79% dari wanita yang tidak mengkonsumsi buah kurma. Persalinan spontan adalah proses lahirnya bayi dengan tenaga ibu sendiri melalui jalan lahir tanpa alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.

Dalam studi lain bahkan disebutkan jika kemungkinan dilakukannya operasi caesar, terjadi lebih tinggi pada wanita yang tidak mengkonsumsi buah kurma selama masa kehamilan (27%) daripada wanita yang mengkonsumsi buah kurma (13%).

Hal ini menyimpulkan bahwa konsumsi buah kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum proses persalinan secara signifikan mengurangi kemungkinan dilakukannya prosedur induksi atau akselerasi persalinan serta mengurangi resiko yang mungkin terjadi selama proses persalinan baik pada bayi maupun pada ibu melahirkan.

Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi ibu hamil, proses kehamilan dan persalinan yang normal dan lancar merupakan harapan bagi setiap ibu hamil, untuk itu jika Anda tidak terbiasa mengkonsumsi buah kurma, mungkin ini saatnya mempertimbangkan buah tersebut ke dalam diet harian Anda. Pastikan menambahkan buah kurma ke dalam daftar belanja Anda hari ini!

Tambahan referensi:

The fruit of the date palm: its possible use as the best food for the future?

Gambar oleh xbeing dan tasha dari Pixabay

Summary
Segudang Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil
Article Name
Segudang Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil
Description
Jika Anda rajin mengkonsumsi buah kurma selama masa kehamilan, Anda pasti akan senang mengetahui buah manis ini memberikan banyak nutrisi yang mendukung pertumbuhan si buah hati serta memiliki banyak kandungan yang meningkatkan kondisi kesehatan Anda sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *