hamil

Jangan Terlambat Mengetahuinya! Ini Tanda dan Gejala Awal Kehamilan

gejala hamil

Apakah Anda hamil? Satu-satunya cara yang pasti untuk mengetahuinya ialah dengan melakukan tes kehamilan. Namun gejala-gejala yang terdapat pada artikel ini juga bisa menandakan kehamilan. Dapatkan keterangan mengenai apa yang biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan dan setelahnya.

Setiap wanita berbeda. Demikian juga pengalaman kehamilannya. Tidak setiap wanita mengalami gejala kehamilan yang sama bahkan antara satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Beberapa gejala kehamilan di bawah ini mungkin akan muncul begitu Anda terlambat datang bulan, atau satu atau dua minggu kemudian. Namun, 7 dari 10 wanita mengalami gejala-gejala kehamilan saat usia kandungan telah mencapai enam minggu.

Jika Anda tidak melacak siklus menstruasi Anda atau jika siklusnya sangat tidak teratur, Anda mungkin tidak yakin kapan periode berikutnya akan datang. Namun jika Anda mulai mengalami beberapa gejala di bawah (tidak semua wanita mengalaminya) dan Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak kunjung datang bulan, kemungkinan besar Anda hamil. Lakukan tes kehamilan di rumah untuk mengetahuinya!

Flek dan Kram

Beberapa hari setelah pembuahan, telur yang telah dibuahi akan menempelkan dirinya ke dinding rahim. Hal ini dapat menyebabkan salah satu tanda paling awal kehamilan, yaitu flek dan kadang-kadang, kram. Hal ini muncul mulai dari enam sampai dua belas hari setelah telur dibuahi.

Kram yang dirasakan dapat mirip seperti kram saat menstruasi, sehingga beberapa orang wanita salah mengenali kram dan flek tersebut sebagai awal periode datang bulan mereka. Kram dapat disebabkan oleh rahim yang bersiap untuk menampung si bayi. Meski demikian, pendarahan dan kram ini tidak begitu parah.

Ada baiknya Anda menanyakan kepada dokter Anda apakah flek yang Anda alami perlu diwaspadai, merupakan tanda bahaya atau normal.

Selain pendarahan, mungkin juga terdapat lendir putih susu yang keluar dari vagina. Hal ini disebabkan oleh penebalan dinding vagina, yang dimulai hampir segera setelah pembuahan. Meningkatnya pertumbuhan barisan sel dalam vagina itulah yang menyebabkan keluarnya lendir.

Lendir ini dapat terus keluar selama kehamilan, biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan apa pun. Namun jika terdapat aroma yang berbau atau terasa terbakar dan gatal, konsultasikanlah pada dokter Anda sehingga ia dapat memeriksa apakah terdapat jamur atau infeksi bakteri.

Ngidam atau menjauhi aroma makanan tertentu

Jika Anda baru saja hamil, biasanya Anda akan merasa mual jika mencium aroma makanan yang berbau tajam seperti sandwich atau secangkir kopi. Beberapa aroma makanan yang dulu Anda sukai malahan mungkin akan membuat Anda ingin muntah. Selain itu Anda juga dapat tiba-tiba ketagihan makanan tertentu bahkan yang dulunya tidak Anda sukai. Kendati tidak ada yang mengetahui penyebab pastinya, hal ini mungkin disebabkan oleh kenaikan estrogen secara cepat pada tubuh Anda.

Suasana hati yang berubah-ubah

Perubahan suasana hati selama kehamilan adalah hal yang wajar, sebagian disebabkan oleh perubahan hormon yang mempengaruhi kadar neurotransmitter Anda (pembawa pesan kimiawi dalam otak Anda). Perubahan suasana hati merupakan hal yang biasa apalagi saat kehamilan. Setiap wanita menyikapi perubahan hormon ini dengan cara yang berbeda-beda.  Beberapa calon ibu mengalami perubahan emosi yang semakin intens, baik positif maupun negatif; yang lainnya mungkin merasakan depresi dan kecemasan yang meningkat.

Catatan: Jika Anda merasa sedih atau seperti putus asa atau tidak mampu melakukan tanggung jawab sehari-hari selama beberapa lama, atau Anda berpikiran untuk menyakiti diri sendiri, segara hubungilah dokter atau psikiater Anda.

Sering buang air kecil

Sesaat setelah Anda hamil, perubahan hormon memicu serangkaian kejadian yang meningkatkan tingkat peredaran darah yang melalui ginjal Anda. Hal ini menyebabkan kandung kemih Anda lebih cepat terisi, sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Gejala ini dapat terjadi mulai setelah enam minggu sampai trimester pertama.

Frekuensi buang air kecil yang meningkat ini akan terus berlanjut – atau malah semakin meningkat lagi – sejalan dengan kehamilan Anda. Volume darah Anda naik secara dramatis selama kehamilan, yang berujung pada lebih banyaknya cairan yang diproses dan berakhir pada kandung kemih Anda. Hal ini akan ditambah dengan bayi Anda yang tumbuh dan semakin menekan kandung kemih Anda.

Kelelahan

Tiba-tiba Anda merasa capai? Atau lebih tepatnya kelelahan? Kelelahan merupakan gejala awal kehamilan yang umum. Seorang wanita dapat merasakan kelelahan yang luar biasa mulai dari satu minggu setelah pembuahan. Tidak ada yang mengetahui dengan pasti apa penyebab kelelahan pada masa-masa awal kehamilan, tetapi ada kemungkinan kenaikan hormon progesteron dan produksi darah, kadar gula darah dan tekanan darah yang lebih rendah. Tentu saja, mual-mual di pagi hari dan sering buang air kecil pada malam hari dapat juga menjadi penyebab kelesuan Anda.

Beristirahatlah lebih banyak, mengonsumsi makanan yang kaya protein dan zat besi dapat membantu meringankan gejala ini.

Anda akan merasa kembali bertenaga menjelang trimester kedua, meskipun kelelahan biasanya akan kembali lagi pada akhir kehamilan saat beban yang Anda bawa semakin berat dan beberapa ketidaknyamanan saat hamil membuat Anda lebih susah tidur.

Kehabisan nafas

Apakah tiba-tiba Anda terengah-engah saat menaiki tangga? Mungkin karena ternyata Anda hamil. Bayi yang sedang tumbuh membutuhkan oksigen, dan mengambilnya dari Anda. Hal ini bisa jadi akan berlangsung selama kehamilan sejalan dengan pertumbuhan bayi yang akan menekan paru-paru dan diafragma Anda.

Perubahan pada payudara

Perubahan pada payudara juga merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling awal. Kadar hormon seorang wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan. Karena perubahan-perubahan inilah, payudara mungkin akan membesar, terasa pegal, atau geli seminggu atau dua minggu kemudian. Rasa pegal dan bengkak tersebut mungkin lebih terasa daripada yang Anda rasakan sebelum periode menstruasi Anda.

Tanda lainnya, payudara akan terasa lebih penuh atau lembut jika disentuh. Area di sekeliling puting, yaitu areola juga akan berwarna semakin gelap. Rasa tidak nyaman yang ada akan menghilang setelah trimester pertama, seiring dengan penyesuaian tubuh Anda terhadap perubahan hormon.

Untuk mengatasinya, kenakan bra Anda yang paling nyaman menyangga, juga saat tidur kalau perlu.

Mual

Mual di pagi hari sudah sangat dikenal sebagai gejala kehamilan. Tetapi tidak semua wanita hamil mengalaminya. Bagi beberapa wanita, mual di pagi hari tidak dialami sampai kira-kira sebulan setelah terjadinya pembuahan, meskipun bagi yang lainnya mungkin mulai dialami satu atau dua minggu lebih awal. Dan tidak hanya pada pagi hari:, mual yang berkaitan dengan kehamilan (dengan atau tanpa muntah-muntah) dapat dialami baik pada pagi, siang atau malam hari.

Sekitar setengah dari wanita hamil yang mengalami mual tidak merasakannya lagi mulai awal trimester kedua. Bagi kebanyakan lainnya, bisa lebih lama lagi kira-kira sampai satu bulan kemudian hingga gejala ini berkurang. Hanya beberapa yang tidak mengalaminya sama sekali.

Penyebab pasti mual di pagi hari masih belum diketahui tetapi hormon kehamilanlah yang mungkin menyebabkannya. Sementara itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat sehingga Anda dan bayi Anda memperoleh nutrisi yang dibutuhkan. Anda dapat berkonsultasi pada dokter Anda untuk saran-saran mengenai hal ini.

Perut yang mengembung

Perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat Anda merasa kembung, mirip dengan apa yang dirasakan oleh beberapa orang wanita pada saat-saat sebelum haid. Itulah mengapa baju Anda mungkin akan terasa lebih sempit pada bagian pinggang daripada biasanya, bahkan bisa juga lebih awal jika rahim Anda kecil. Perut yang mengembung ini dapat disebabkan oleh makanan yang berjalan lebih lamban dalam usus sebagai akibat meningkatnya kadar progesteron.

Konstipasi

Selama kehamilan, kadar hormon progesteron yang tinggi dapat menyebabkan menyebabkan makanan berjalan lebih lamban melalui usus seperti telah disebutkan di atas sehingga menimbulkan konstipasi. Untuk meringankannya, minumlah air yang banyak, berolahragalah dan makanlah banyak makanan berserat tinggi.

Sakit kepala

Awal kehamilan juga dapat ditandai oleh sakit kepala, sebagai dampak perubahan hormon yang terjadi. Bila sakit kepala ini mulai mengganggu dan Anda memang hamil, ada baiknya Anda lebih memilih acetaminophen ibuprofen untuk meringankannya.

Terlambat datang bulan

Jika periode Anda biasanya teratur dan kali ini terlambat, mungkin Anda dapat melakukan tes kehamilan sebelum Anda mengalami gejala-gejala di atas. Tetapi jika periode Anda tidak teratur dan Anda tidak mencatat siklus Anda, rasa mual dan perubahan pada payudara serta meningkatnya frekuensi buang air dapat menandakan terjadinya kehamilan.

Ada beberapa alasan lain untuk terlambat datang bulan selain kehamilan. Mungkin saja berat badan Anda meningkat atau menurun secara drastis. Masalah hormon, kelelahan, stres juga dapat menjadi penyebabnya. Beberapa wanita terlambat saat mereka berhenti meminum pil pencegah kehamilan. Tetapi jika Anda telat dan masih mungkin hamil, Anda dapat melakukan tes kehamilan.

Suhu tubuh basal Anda tetap tinggi

Pada umumnya, suhu tubuh basal Anda akan meningkat sejak ovulasi sampai Anda datang bulan 2 minggu kemudian. Jika selama Anda ini mencatat suhu tubuh basal Anda dan melihat bahwa suhu tubuh Anda meningkat selama 18 hari berturut-turut, maka kemungkinan Anda hamil.

Dan akhirnya…

Bukti nyata: Uji kehamilan yang positif

Terlepas dari apa yang Anda baca pada kemasan, banyak alat tes kehamilan di rumah kurang sensitif untuk secara tepat mendeteksi kehamilan sampai kira-kira seminggu setelah Anda tidak datang bulan. Jadi jika Anda memutuskan untuk melakukan tes lebih awal dan hasilnya negatif, cobalah lagi dalam beberapa hari. Ingat bahwa bayi sudah mulai berkembang sebelum Anda tahu bahwa Anda hamil, jadi jaga kesehatan Anda sementara Anda menunggu hasilnya.

Begitu hasilnya positif, buatlah janji dengan dokter Anda. Selamat!

sumber:

sumber gambar:

Summary
 Tanda-tanda dan Gejala Awal Kehamilan
Article Name
Tanda-tanda dan Gejala Awal Kehamilan
Description
Informasi tanda-dan gejala awal kehamilan. Apa saja yang perlu diketahui oleh ibu hamil pada minggu-minggu pertama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *